AHMAD KARTADI, CALON SENATOR YANG SIAP MENGAWAL KALTARA BERKEMAJUAN



(Batimbang, Tarakan)  - Ahmad Kartadi, kader Persyarikatan Muhammadiyah Kalimantan Utara dan pengusaha senior dari Yogyakarta, memgemban mandat sebagai calon senator atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  dari Kalimantan Utara yang direkomendasi oleh organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah. Penunjukan Adi, demikian panggilan lulusan karib lulusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)  memberikan tanggung jawab besar agar berbuat yang terbaik untuk masyarakat Kalimantan Utara yang tinggal di perbatasan dan pedalaman.
Tugas berat untuk mengawal provinsi muda Kalimantan Utara di tingkat nasional tentu membutuhkan kerja keras. "Untuk itu saya terus menyerap aspirasi masyarakat dari berbagai kalangan. Izinkan saya Ahmad Kartadi untuk menjadi anggota DPD dari Kalimantan Utara, " kata Adi.
Langkah nyata Kartadi untuk menyerap aspirasi masyarakat misalnya dilakukannya di Juata Laut, Tarakan.
'Bersama warga Kelurahan Juata Laut, saya berdiskusi masalah sumber pendapatan yang bergantung pada hasil laut. Karena memang warga disini mayoritas menggeluti profesi sebagai petani rumput laut, " ungkapnya.



Menurut Kartadi, ada hal pelik yang didapatkan terkait perekonomian warga di pesisir Juata Laut. Yakni soal peningkatan taraf hidup, serta belum teroptimalkannya pemanfaatan sumber daya perikanan dan kelautan melalui industri rumahan. Menurutnya. Seyogyanya hasil laut yang diolah memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Untuk pengentasan masalah ini perlu peran bersama antar pemerintah serta petani rumput laut. Tentu mereka juga membutuhkan bimbingan serta arahan bagaimana seharusnya menghidupkan industri rumahan untuk pengolahan rumput laut. Selain itu, cara mengolahnya, warga juga harus diberikan pemahaman tentang strategi pemasaran produk agar diminati konsumen. Tentu bukan perkara mudah, namun bukan berarti tak mungkin untuk direalisasikan.

"Permasalahan ekonomi di wilayah pesisir ini menjadi salah satu prioritas saya nanti ketika duduk sebagai Anggota DPD RI Dapil Kaltara. Negara kita adalah negara maritim, luas wilayahnya pun didominasi oleh perairan. Izinkan saya Ahmad Kartadi Calon Anggota DPD RI nomor urut 21 untuk menghantarkan aspirasi warga Kaltara kepada pemerintah pusat, " tegasnya berjanji.


Selain itu, Kartadi juga tak lupa dengan asalnya yakni Muhanmadiyah.  Dia menghadiri kegiatan konsolidasi nasional Calon anggota DPD RI se-Indonesia yang menjadi representasi Muhammadiyah. "Dalam konsolidasi ini saya meyakini nilai-nilai keorganisasian yang sudah ditanamkan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan patut dijaga dan diaplikaskan dalam tugas jabatan yang diemban nanti, " terangnya.
Menurut pandangan Kartadi,  dalam perkembangan bangsa, Muhammadiyah banyak mengambil peran, khususnya melalui Amal Usaha Muhammadiyah yang tersebar di seantero negeri, mulai dari rumah sakit, universitas, sekolah, pondok pensantren dan sektor ekonomi lainnya.
"Sebagai representasi Calon DPD dari utusan Muhammadiyah, jika nantinya Saya terpilih dapat mengemban amanah sebagai anggota DPD RI yang bisa sejalan dengan niatan untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, " katanya bersemangat.


Elemen lain masyarakat yang disapa Kartadi ialah komunitas ojek online yang sedang kekinian dan menghadapi persoalan lokal yang kompleks khususnya perizinan pemerintah daerah dan tanggapan masyarakat terkait ojek online. Masih ada sebagian masyarakat yang tidak siap dengan kemajuan zaman.
"hamdulillah saya berkesempatan duduk satu meja dengan para pengemudi ojek online yang ada di Tarakan. Mereka ini keberadaanya sangat membantu dan memudahkan para pangguna aplikasi ojol, karena kemudahan layanan yang ditawarkan, " kisahnya.
Namun,  dalam pandangan Kartadi,   eksistensi mereka di Tarakan bukan tanpa kendala. Karena itu hasil diskusi dengan para pengemudi ojek online ini menjadi bahan masukan yang akan ditampung, untuk menjadi aspirasi ketika duduk di kursi senator di senayan.
Tak hanya dibutuhkan oleh penggunanya saja, keberadaan ojek online juga menjadi ladang penghasilan tambahan untuk para pengemudi. Menurut hemat Kartadi, persoalan ini butuh kejelasan soal perlindungan hukum, serta kemanan dan kenyamanan bagi para pengemudinya agar dalam bekerja tidak lagi ada rasa khawatir.
Untuk dapat mengawal aspirasi Kaltara berkemajuan tersebut Kartadi masih harus terus berjuang meyakinkan masyarakat agar mereka memilihnya nanti pada hari pencoblosan. Kartadi telah memberi bukti pengalamannya di berbagai organisasi dan kiprah kemasyarakatan serta ragam usaha yang dibangunnya di berbagai kota. Tinggal masyarakat Kalimantan Utara yang menentukan pilihan pada kotak suara. (batimbang.com)

0 comments: