BU GURU SHOFIE SMAN 1 SUNGAI LIAT LUNCURKAN BUKU PUISI "FRAGMEN KERINDUAN"


(Batimbang, Bangka) - Dunia pendidikan khususnya sekolah akhir-akhir ini diguncang banyak kabar buruk seperti peristiwa beredarnya video siswa menantang berkelahi gurunya di gresik atau siswa mengeroyok gurunya di Sulawesi. Banyak pihak beranggapan bahwa tantangan menjadi guru kian berat dan rumit. Tak sedikit pula pihak yang terus mendukung agar guru dapat terus kreatif mengajar muridnya.
Di tengah keadaan tersebut, kehadiran guru yang kreatif dan produktif berkarya diharapkan memberi teladan baik baik murid dan rekan sejawat. Seperti dilakukan Bu Guru Shofie dari SMAN 1 Sungai Liat, Bangka, Bangka Belitung. Dia rajin belajar menulis dan membaca puisi dengan cara mengikuti dan bergiat di komunitas puisi seperti Sahabat Puisi Indonesia, Komunitad Puisi Esai Indonesia, Komunitas Puisi Esai Asean, dan sebagainya. Di grup tersebut Shofie yang mengajar di sekolah yang jauh dari pusat kebijakan pendidikan di Jakarta, punya kesempatan berjumpa berdiskusi dengan sastrawan senior dan banyak penulis muda dari berbagai daerah bahkan lintas nrgara. Shofie juga dapat belajar puisi kepada sastrawan Isbedy Stiawan yang dikenal sebagai paus sastra Lampung, Anwar Putra Bayu yang dikenal sebagai pendekar sastra Palembang, Aguk Irawan yang dikenal sebagai sastrawan dengan buku best seller dan difilmkan,Aspar Paturusi penyair legendaris angkatan 66, dan sebagainya. "Lewat grup semacam itu saya dapat belajar dan mendapatkan pengalaman bersastra," ujarnya suatu ketika dalam perbincangan grup.
Shofie menjadi terinspirasi untuk produktif menulis puisi. Puisi itu dipostingnya di laman facebook dan dikirimnya pula lewat media online, seperti ambau.id Bahkan saat ini, bu guru yang lebih dikenal dengan nama pena Penyair Ofie Zarhadi tersebut meluncurkan buku kumpulan puisi berjudul Fragmen Kerinduan. "Buku ini melengkapi karya lain yang telah bergabung dengan buku puisi Senandung Romadon, Tanah Merdeka, Kitab Puisi Perempuan Indonesia 2018, dan sebagainya. Juga dalam buku puisi rdai Nyanyian Parimping, " ceritanya.
Shofie berharap dengan menulis dan menerbitkan buku dapat menjadi teladan bagi muridnya. "Jadi selain ceramah di kelas, juga praktik memberi teladan, " ujarnya.

0 comments: