Gunakan Data Tapi Juga Jangan Overgeneralisasi - Catatan pada Lomba English Master LEAF 2019



Oleh Dian Garini Lituhayu - Pendidik di Samarinda, Kalimantan Timur


Hanya tersisa lima peserta yang masuk tahap final lomba English Master di even LEAF 2019. Kami para juri dibuat sangat kagum dengan pilihan topik luar biasa yang disampaikan oleh para finalis. Pelecehan Seksual, LGBTQ, Rasisme dan Isu Pendidikan Indonesia. Penuh percaya diri dan pilihan diksi yang memukau, setiap peserta menyampaikan apa yang ada dalam benak mereka berkaitan dengan topik yang untuk pembicara dewasa pun akan mengalami kesulitan mencari celah bahasa yang santai dan membumi.

Salah seorang peserta yang memukau kami dengan gaya bicara yang santai dan ajeg sejak awal performanya. Semua mulus dan matang. Tampak kalau sudah berlatih dengan sangat baik. Sampai di satu titik yang membuat kami kagum pada guru yang melatihnya. Tapi, terhenyak kami pada ulasan yang diambilnya. Data. Iya, data yang dipakainya adalah data lama, disampaikannya bersamaan dengan alasan keterpurukan sistem pendidikan kita di tahun 2019. Kami dari dewan juri sepakat, bahwa membandingkan suatu keadaan sangat pantas dilakukan untuk menyampaikan pendapat dan mencari sebab akibat dari keadaan sekarang. Tapi menggunakan data di tahun 1998? 20 tahun lalu? Untuk menjelaskan kesuntukan sistem pendidikan yang ada sekarang, sepertinya kurang pas.

Sebenarnya, diam-diam dari penampilan satu ini, aku belajar banyak hal, masa lalu biar ditempatnya sebagai pelajaran besar. Jangan ditarik-tarik ke dalam keadaan sekarang sebagai pembenaran kita membenci keadaan sekarang. Harus lihat proses yang sudah dilakukan selama kurun waktu itu untuk menjadi bagian solusi dan keberhasilan kita di masa depan. Bukan mencari pembenaran dan menyalahkan, didukung data yang tidak benar, diambil dari sumber yang juga meragukan. Berhati-hati dalam mengambil data dan membuat analisa terhadap apa yang terjadi, bukan lewat katanya katanya, atau lewat data lawas yang bukan zamannya. Akademisi dan siapapun yang berkecimpung dalam dunia akademik harus mampu bicara dengan data dan punya refleksi terhadap data tersebut bagi kemajuan dirinya.

*belajarku hari ini dari murid SMP, supaya jangan sembarangan menggunakan data. Pilih dari source yang terpercaya. Bijak menggunakannya dan tidak perlu 'hantam berait'



0 comments: