PMII BULUNGAN AJAK GENERASI MILENIAL SIAP HADAPI KEMAJUAN ZAMAN



(Batimbang, Bulungan)  - Perkembangan zaman berlangsung sangat cepat. Masyarakat dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia di bagian utara Kalimantan yakni Bulungan. Pilihan untuk menolak atau menerima kemajuan zaman sama membutuhkan persiapan.  Khususnya generasi milenial yang sejak lahir hingga besar telah akrab mengenal teknologi informasi.

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)  Cabang Bulungan, di Kalimantan Utara, mengajak generasi milenial untuk bersiap siaga menghadapi kemajuan zaman yang terus berubah. Salah satunya dengan menyelenggarakan diskusi panel bertema "generasi milineal dalam menghadapi teknologi di era globalisasi". Menurut Ketua Panitia, M. Jabal Noor, kegiatan tersebut diikuti oleh pelajar yang tergabung dalam wadah siswa yakni OSIS SMA/SMK se Tanjung Selor dan Tanjung Palas meliputi SMAN 1 Tanjung Selor, SMKN 1 dan 2 Tamjung Selor,  MAN Bulungan, dan SMAN 1 Tanjung Palas. Bertindak sebagai pemateri ialah Ahmad Karimullah  (guru SMAN 1 Tanjung Palas) dan M. Mukhit Junaidi (Sekretaris PC GP Ansor Bulungan).


Karimullah menyampaikan perkembangan teknologi informasi dan pentingnya memperkuat nilai agama di kalangan generasi milenial agar tidak terkena dampak buruk. Sementara itu, Junaidi menegaskan posisi perkembangan teknologi dalam plus minus kegiatan pendidikan dan manfaatnya.  Diskusi panel bertempat di Aula pertemuan SMAN 1 Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara (15/02).
"Di era globalisasi ini, Generasi Z atau generasi milenial sangat memilukan jika kita pandang dari segi keilmuan. Dulu biasanya orang belajar itu membaca buku, sekarang  lebih membaca Status whatsapp (WA), facebook (FB), dan instagram ( IG) di gawai (gadget)  seperti handphone.  Generasi Z Saat ini sangat bergantung dengan HP, bahkan melebihi kebutuhan hidupnya, artinya gadget ini sangat berpengaruh pada gaya hidup generasi milenial," ungkap Jabal Noor, selaku ketua panitia.


Sementara itu, Ketua PMII Cabang Bulungan Didi Kadarisman, menyatakan: "Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian PC PMII Bulungan terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini, terkadang yang membuat para generasi muda lebih dekat sama HP ketimbang sama Tuhan yang telah menciptakan manusia, selain itu ke depaannya pasca kegiatan ini. Kami akan bekerja sama dengan  OSIS SMA/SMK Se Bulungan dalam mem follow up siswa siswi di kajian sekolah, mengangkat tema "wawasan kebangsaan" setiap satu bulan sekali."


Disampaikan oleh Ketua Cabang PMII,  bahwa kegiatan Kajiannya akan bergantian tempat setiap bulannya dengan pembicara bergantian. Diharapkan sinergi organisasi masyarakat dengan sekolah dalam menghadapi perkembangan zaman dapat mencegah dampak buruk bagi siswa dan siswi di Bulungan.  "Terlebih kita ini berada di ibukota provinsi paling muda Kalimantan Utara pasti disorot secara nasional bila terjadi hal yang dapat mengganggu stabilitas nasional di perbatasan, " ujar Ketua Cabang.  (batimbang.com/dk)

0 comments: