REHAB MASJID DI KOMPLEKS MAKAM HABIB AL-MARZAQ KERAMAT TARAKAN



(Batimbang.com, Tarakan)  - Masjid di kompleks Makam Habib Al Marzaq Kemarat di Jl Sei Sesayap Tarakan direhab oleh para pemuda muslim di Tarakan, Kalimantan Utara. Kompleks masjid itu sendiri berada di belakang kompleks Baloy Adat Tidung Kota Tarakan dan di seputaran Lapangan Tenis Indoor atau Bundaran Minapolitan Taman Bertuah Tarakan.
Habib Al Marzaq merupakan seorang ulama yang ikut merintis dan mengenalkan ajaran agama Islam di borneo utara tang kini dikenal sebagai Kalimantan Utara dan sebagian ikut wilayah Sabah dan serawak Malaysia. Habib Al Marzaq bersama ulama lain mengenalkan Islam hingga pengikut Islam di wilayah utara Indonesia ini tergolong lumayan seperti di Sembakung, Bulungan, Tarakan, sebagian Malinau dan Tana Tidung.

Makam Habib Al Marzaq kerap dikunjungi warga masyarakat yakni umat Islam untuk berziarah dengan tujuan menapaktilasi dab mengingat jasa perjuangan ulama'.  Umumnya para pengunjung juga berdoa agar Habib Al Marzaq mendapatkan pahala yang besar atas semua jasanya mengembang Islam di Kalimantan. Beberapa sudut kompleks makam dirasakan perlu direhab dan disegarkan. Oleh sebab itu, para pemuda Islam Tarakan tergerak hatinya untuk bergotong royong merehab masjid dan membangun tempat wudhu agar umat Islam yang berkunjung dapat nyaman beribadah di masjid dan berziarah.
"Kami dengan niat tulus bersama para pemuda Islam di kota ini untuk bergerak merehab, agar kompleks makam habib tampak lebih segar dan nyaman. Harapannya agar para pengunjung semakin senang datang," ujar seorang peserta kerja bakti, Adi, yang merupakan aktivis pemuda Islam dan bergiat di Perkumpulan Pemuda Pecinta Masjid (P3M) kota Tarakan.
Adi berharap masyarakat dapat bersatu mengerjakan masalah sosial kemasyarakatan di kota Tarakan dan sekitarnya. Kegiatan tersebut merupakan gotong royong banyak pihak yakni para pemuda dari berbagai kelompok umat Islam dan umat Islam yang menjadi donatur menyumbangkan hartanya untuk belanja material seperti semen dan pasir. (batimbang.com)


0 comments: