TINGKATKAN IMAN DAN TAQWA, MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA ADAKAN PENGAJIAN DWIMINGGUAN



(Batimbang, Palangkaraya -Minggu, 3/2/2019). Di kediaman Bapak Sri Utomo, Jalan Meranti III No.  74. pengajian dwimingguan PCM Pahandut Palangka Raya itu berlangsung. Cuaca mendung gerimis sisa pagi menjelang siang tidak mengurangi semangat puluhan jemaah untuk hadir. Kali ini Ustaz Amanto Langka berkesempatan memberikan tausiah betapa beruntung dan utamanya orang yang memiliki derajat ketakwaan. Berikut rangkuman berupa catatan singkatnya.


Menjadi orang yang bertakwa sebenarnya tidak sulit jika punya kemauan kuat. Kita tinggal melaksanakan perintah Allah dan Rasulnya dan menjauhi larangan Allah dan Rasul-Nya. Menjalankan perintah tentu terutama yang wajib harus dilaksanakan. Tentu baik pula menjalankan hal yang disunnahkan. Semua perintah dan anjuran merupakan hal yang pasti bisa kita laksanakan asalkan ada ketaatan. Begitu pula menjauhi larangan sebenarnya juga tentu mudah dipatuhi karena kita hanya tinggal tidak melaksanakan apa yang dilarang.

Banyak firman Allah SWT yang menyerukan kepada kita untuk menjadi orang yang senantiasa bertakwa. Jalankan perintah dan jauhi cegah. Itu intinya. Senantiasa mendekatkan diri kepada Allah akan membentuk kita menjadi pribadi yang memelihara dan meningkatkan ketakwaan.

Beragam keberuntungan diraih oleh orang-orang yang bertakwa. Di antaranya adalah akan dimudahkan segala urusannya. Orang yang bertakwa akan mengutamakan urusan akhirat. Ia akan bekerja untuk meraih ridha Allah. Segala yang dikerjakan diniatkan untuk ibadah dan meningkatkan takwa kepada-Nya. Hal ini akan membuat urusannya, seperti pekerjaan dan rezekinya dimudahkan dan dimurahkan. Orang yang bertakwa juga akan dijauhkan dari kesukaran hidup. Kelapangan dan kesabaran akan didapatkan orang-orang yang bertakwa.

Berbagai keberuntungan dan musibah yang terjadi bagi orang yang bertakwa akan semakin menambah ketakwaannya. Keberuntungan akan menjadi pengingat untuk bersyukur, murah hati, dan mau berbagi. Begitu pula dengan musibah. Bagi orang yang bertakwa, musibah akan menjadi ujian yang kesabaran yang mampu menggugurkan dosa-dosa dan melipatgandakan pahala.

Nah, sungguh begitu besar keberuntungan dan keutamaan yang diraih orang yang bertakwa. Oleh karena itu, mari kita selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan terus memelihara dan meningkatkan ketakwaan. Wallahu’alam bissawab. (L.J.) (laporan Lukman Juhara, Palangkaraya)

0 comments: