10 PENYAKIT HATI YANG DAPAT MERUSAK KEBAHAGIAAN HIDUP MANUSIA



OLEH MUHAMMAD FUADI KUSTANTO -RELAWAN LAZISNU KOTA TARAKAN

10 PENYAKIT HATI YANG DAPAT MERUSAK KEBAHAGIAAN HIDUP MANUSIA

Mari jauhi Penyakit yang sering hadir tak diundang dan tanpa sadar terus menggerogoti kebahagiaan hidup kita sebagai manusia.

1. SOMBONG Dan Angkuh.
Manusia Dimanapun tidak berhak Untuk Menyombongkan Dirinya. Karena Manusia Sejak Lahir, tidak Bawa apa-apa. Jadi Tidak sepantasnya manusia itu Sombong dan Angkuh. Karena  sejatinya yang Memiliki Sifat JUBAH, seperti itu Hanyalah Sang Pencipta. Bukan kita ciptaannya. Karena Kemampuan kita Terbatas Ruang, Waktu, dan Tempat.

2. Dengki ( Benci dan Dendam).
Salah satu sifat yang paling di sukai iblis ialah membenci dan Kebencian serta dendam. Benci ini karena perasaan tidak Suka terhadap sesuatu Hal yang di harapkan. Serta Dendam Timbul karena rasa Iri dan benci  yang tidak kesampaian untuk Membalasnya.

3. BURUK Sangka ( Negatif Feeling, Negatif Thinking).
Buruk sangka merupakan salah satu sifat yang di liputi rasa Negatif. Dan selalu punya Siwak Sangka. Terhadap orang lain tidak pernah baik. Dan Positif. Berprasangka aneh-aneh. Terhadap lingkungan dan orang lain. Yang belum tentu seperti itu kejadiannya. .

4. IRI/ Hasut.
Sifat tidak senang melihat orang Lain bahagia. Sifat tidak senang melihat orang lain memperoleh kenikmatan hidup yang lebih dari dirinya. Serta. Selalu sifat mencari Keburukkan orang lain. Dan Mengadu Domba .

5. GHIBA/ Gossip ( Menceritakan Aib Orang Lain).
Sifat yang selalu membuka kesalahan dan keburukkan orang lain. Di hadapan orang lain, merupakan sifat kurang terpuji dan kurang Baik Akhlaknya. Karena Ghiba merupakan sifat tercela yang harus kita jauhi Bersama.

6. Kikir
Sifat Kurang welas Asih Terhadap apa yang kita miliki. Merupakan sifat Yang pelit, dan Takut Akan Kekurangan Apa yang kita miliki. Tidak mau berbagi dengan Yang lainnya. Atau biasa di sebit pelit.. tidak mau berbagi Apa yang dimilikinya dengan Orang lain. Yang membutuhkannya. Seolah itu semua miliknya. Padahal didalam harta apapun yang kita miliki Ada Harta org lain.

7. RIYA.dan ujub
Riya Merupakan Sifat Pamer. Memiliki sesuatu yang dia miliki dan apapun yang dilakukan. Selalu di lihatkan ke orang Lain. Dan bangga dengan dirinya. Atau terlalu bangga dengan Dirinya.

8. Amarah.
Amarah merupakan Sifat Hati yang kurang baik dan Tidak Terpuji. Dan tidak sabar, Sifat seperti ini, merupakan yang sensitif dan  baper ( Bawa Perasaan).

9. Selalu mengeluh atau tidak Bersyukur.
Sifat mengeluh dan tidak bersyukur merupakan penyakit hati. Yang tidak pernah bersikap syukur atas hidupnya selama ini. Selalu keluh kesah.. dan minta tambah yang lebih..tidak pernah merasa cukup selalu terasa kekurangan dalam Hidupnya.

10.  Terlalu Mengejar Dunia.
Dunia ini yang di kejar manusia.. harta dan jabatan. Tergila-gila dengan Kehidupan Dunia yang hanya sebentar. Tempat singgah makan dan minum saja. Tidak lama hidup dunia ini. Tertipu dengan indahnya kehidupan dunia, warna warni dunia. Terbawa hiruk pikuk kehidupan duniawi Yang merupakan kehidupan kebendaan Materi. Tidak pernah cukup dengan Kehidupannya. Terjebak kehidupan dunia.



Mudahan Coretan ini Bermanfaat untuk yang membacanya. Panjang Umur, Dan memperoleh Kebahagiaan Lahir batin. Berkah dunia Akhirat. Dan dimudahkan dalam Segala urusan. Amin.

Coretan: M. Fuadi Kustanto/ G.Adi Kustanto/ Adi. S.Pd.

πŸŒΎπŸŒΎπŸŒΎπŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨

0 comments: